Selasa, 11 April 2017

INILAH ALASAN MENGAPA DUNIA AKAN LEBIH MENGGUNAKAN LINUX DARI YANG LAIN


  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows
  • Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux.
  • Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
  • Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 %
  • Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
  • Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.
  • Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
  • Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

3 komentar:

  1. permisi gan, saya pengen tanya, kan linux besar dari komunitas Open Source, dan Netscape juga punya andil dalam membesarkan nama Open Source salah satunya dengan membuka kode sumber peramban miliknya yaitu Netscape Navigator yang sekarang menjadi Mozilla Firefox, nah yang membuat saya penasaran itu kenapa Netscape tidak membuka kode sumber perangkat lunak Netscape ECXpert-nya ya gan? berikut tulisan saya terkait Netscape ECXpert:

    https://datacomlink-blogspot-com.cdn.ampproject.org/c/s/datacomlink.blogspot.com/2017/01/Peran-Eric-S.-Raymond-yang-menginspirasi-Netscape-Go-Open-Source.html

    terima kasih :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut infromasi yang saya dapat Netscape Navigator adalah peramban web atau perangkat lunak yag berfungsi menyajikan berbagai informasi di internet, jadi memang mungkin mereka tidak membuka kode, misalnya mozilla firefox mana mungkin mereka kasih tau kode pembuat aplikasi tersebut karena mereka pun ingin untung yang besar dan itu tidak mungkin mereka membuaka nya dan memberi kode nya kepada khalayak ramai

      Hapus
    2. gini gan sejarahnya, Mozilla dulunya bernama Netscape, dan Firefox dulunya bernama Navigator. Netscape membuat Navigator open source sudah sejak januari 1998, dan kode sumber firefox sekarang itu tersedia baik di Mercurial, CVS, pun Git.

      https://www.cnet.com/news/netscape-sets-source-code-free/

      Hapus