Friday, April 28, 2017

PENGENALAN DOMAIN NAME SYSTEM


A. PENGERTIAN DOMAIN NAME
            Nama domain (domain name) adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau e-mail server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server,
pada awalnya, nama domain hanya dapat di tuliskan dengan 26 abjad latin, namun saat ini telah di mungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan internasionalisasi nama domain.
            Domain Name System (DNS) atau sistem nama domain adalah aturan yang di pakai dalam sistem penamaan dari nama domain tersebut.

B. SEJARAH DNS
           Sebelum DNS di gunakan, jaringan komputer menggunakan HOSTS file yang berisi informasi nama komputer dan IP adressnya. di internet, file ini di kelola secara terpusat dan versi terbaru dari HOSTS files harus di copy di setiap lokasi.
maka bisa di bayangkan, betapa repotnya jika ada penambahan komputer dalam sebuah jaringan, sebab kita harus meng-copy versi terbaru file tersebut ke setiap lokasi. dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini tentu saja akan semakin merepotkan. maka pada akhirnya, di buatlah sebuah solusi dimana DNS di desain untuk menggantikan fungsi HOSTS file. DNS memiliki kelebihan unlimited database size, dan perfomance yang baik. pada dasarnya DNS adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain.

C.DOMAIN NAME SYSTEM
           Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang di gunakan dalam pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa di gunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet seperti web browser atau e-mail. DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. selain di gunakan di internet, DNS juga dapat di implementasikan pada private network atau intranet.
Keunggulan :

  • Mudah 
       DNS sangat mudah karena user tidak lagi di repotkan untuk              mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name 

  • Konsisten
       IP address sebuah komputer bisa berubah, tapi host name tidak        berubah

  • Simple
       User hanya mengunakan satu nama domain untuk mencari,              baik di internet maupun di intranet


0 comments

Post a Comment