Minggu, 23 April 2017

PENGERTIAN MEMORY EAPROM




A. Electronically Alterable Programmable Read Only Memory ( EAPROM )
      EEPROM adalah jenis cip memori yang menyimpan data ketika satu dayanya dimatikan.Dengan kata lain, itu adalah non-volatile. EEPROM merupakan kumpulan floating-gate transistor individual yang diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan yang lebih tinggi daripada yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital. Sekali deprogram,EPROM dapat dihapus hanya dengan mengekspos ke sinar ultraviolet (UV) kuat. Sinar UV biasanya memiliki panjang gelombang 253,7nm (untuk waktu penghapusan optimal) dan termasuk kisaran UVC dan sinar UV EPROM mudah dikenali oleh jendela transparan kuarsa leburan di atas paket, dengan cip silikon terlihat dan yang memungkinkan paparan sinar VV selama menghapus. EEPROM kependekan dari Electrically Erasable Programmable Read Only Memory. Seperti halnya PROM dan EPROM, EEPROM merupakan memori non-volatile. Informasi, data atau program yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan, dan tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya.EEPROM adalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut. Kapasitas atau daya tampung simpan datanya sangat terbatas. Pada sistem hardware komputer, chip EEPROM umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan pengaturan (setting) sistem yang berhubungan dengannya.EEPROM memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan EPROM. EEPROM dapat dihapus secara elektris menggunakan sinar ultraviolet, sehingga proses penghapusannya lebih cepat dibandingkan EPROM. Penghapusan juga dapat dilakukan secara elektrik dari papan circuit dengan menggunakan perangkat lunak EEPROM Programmer. Alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EEPROM disebut EEPROM Rewriter. Produk EEPROM versi awal, hanya dapat dihapus dan diisi ulang kurang lebih sebanyak 100 kali. Sedangkan produk-produk terbaru dapat dihapus dan diisi ulang (erase-rewrite) sampai ribuan kali (bahkan beberapa informasi menyebutkan mampu sampai 100 ribu kali).
        EEPROM sangat mirip dengan flash memory yang disebut juga flash EEPROM. Perbedaanmendasar antara flash memory dan EEPROM adalah penulisan dan penghapusan EEPROM dilakukan dilakukan pada data sebesar satu byte, sedangkan pada flash memory penghapusan dan penulisan data ini dilakukan pada data sebesar satu block. Oleh karena itu flash memorylebih cepat.Memori jenis ini memungkinkan untuk diubah isinya yang berada di setiap sel memori tanpaharus menghapus semua isinya terlebih dahulu. Bentuk dan rangkaian dari memori ini sangat jarang ditemui.2. Pengalamatan pada Memori
Pengalamatan adalah bagaimana cara menunjuk dan mengalaman suatu lokasi memori padasebuah alamat di mana operand akan diambil. Mode pengalamatan diterapkan pada set instruksi.
Pada umumnya instruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat. Setiap mode pengalamatan memberikan fleksibilitas khusus yang sangat penting. Mode pengalamatan ini meliputi direct addressing, indirect addressing, dan immediate addressing.

      a. Direct Addresing
           Dalam mode pengalamatan direct addressing, nilai yang akan dipakai diambil langsung dalamalamat memori lain. Contohnya: MOV A,30h. Dalam instruksi ini akan dibaca data dan RAMInternal dengan alamat 30h dan kemudian disimpan dalam akumulator. Mode pengalamatan inicukup cepat, meskipun nilai yang didapat tidak langsung, namun cukup cepat karena disimpandalam RAM Internal . Demikian pula akan Iebih mudah menggunakan mode ini karena nilai yang didapat bisa dari lokasi memori yang mungkin bervariasi.
Kelebihan dan kekurangan dan direct addresing antara lain sebagai berikut.
1) Kelebihan Field alamat berisi alamat efektif sebuah operand.
2) Kelemahan Keterbatasan field alamat karena panjang field alamat biasanya lebih kecil                         dibandingkan panjang word.

       b. Indirect Addressing
            Mode pengalamatan indirect addressing sangat berguna karena dapat memberikan fleksibilitastinggi dalam mengalamati suatu nilai. Mode ini pula satu-satunya cara untuk mengakses 128 byte lebih dan RAM Internal pada keluarga 8052. Contoh: MOV A,@R0. Dalam instruksi tersebut, 89C51 akan mengambil harga yang berada pada alamat memori yang ditunjukkan oleh isi dari RO dan kemudian mengisikannya ke akumulator. Mode pengalamatan indirect addressing selalu merujuk pada RAM Internal dan tidak pernah merujuk pada SFR. Karena itu, menggunakan mode itu untuk mengalamati alamat lebih dan 7Fh hanya digunakan untuk keluarga 8052 yang memiliki 256 byte spasi RAM Internal.
Kelebihan dan kekurangan dan indirect addresing antara lain sebagal berikut :
1) Kelebihan :
Ruang bagi alamat menjadi besar sehingga semakin banyak alamat yang dapat referensi.
2) Kekurangan :
Diperlukan referensi memori ganda dalam satu fetch sehingga memperlambat proses operasi.

c. Immediate Addresing
Mode pengalamatan immediate addressing sangat umum dipakai karena nilai yang akan disimpan dalam memori langsung mengikuti kode operasi dalam memori. Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan nilai dan alamat lain untuk disimpan. Contohnya: MOV A,#20h. Dalam instruksi tersebut, akumulator akan diisi dengan nilai yang langsung mengikutinya, dalam hal ini 20h. Mode ini sangatlah cepat karena nilai yang dipakai langsung tersedia.
Kelebihan dan kekurangan dan immedieate addresing antara lain sebagai berikut :
1) Keuntungan
a) Tidak adanya referensi memori selain dan instruksi yang diperlukan untuk memperoleh operand.
b) Menghemat siklus instruksi sehingga proses keseluruhan akan cepat.
2) KekuranganUkuran bilangan dibatasi oleh ukuran field alamat.


0 komentar

Posting Komentar