Minggu, 30 April 2017

PROTOKOL NETWARE

NETWARE

        NetWare berkembang dari konsep yang sangat sederhana: file sharing, bukan disk berbagi. Pada tahun 1983 ketika pertama versi NetWare dirancang, semua produk lainnya bersaing didasarkan pada konsep berbagi langsung menyediakan akses disk. Novell alternatif dari pendekatan telah divalidasi oleh IBM pada tahun 1984 dan membantu mempromosikan produk mereka. Dengan Novell NetWare, ruang disk yang dipakai bersama-sama dalam bentuk NetWare volumes, dibandingkan volume ke DOS. Klien menjalankan MS-DOS akan menjalankan khusus menghentikan dan tinggal penduduk (tsr) program yang memungkinkan mereka untuk peta lokal huruf drive ke volume NetWare. 
        Klien harus masuk ke server untuk bisa mengembangkan peta volume, dan akses dapat dibatasi sesuai dengan nama login. Demikian pula, mereka dapat terhubung ke printer bersama berdedikasi pada server, dan cetak seperti printer yang terhubung secara lokal. Pada akhir 1990-an, dengan konektivitas Internet booming, Internet’s TCP / IP protokol menjadi dominan di Lans. Novell telah memperkenalkan terbatas TCP / IP dukungan terhadap klien file dan layanan cetak biasanya terkait dengan NetWare telah diperkenalkan di NetWare v5.0 (dirilis pada 1998). Pada awal-ke-pertengahan tahun 1980-an Microsoft memperkenalkan mereka sendiri dalam sistem LAN LAN Manager berdasarkan bersaing NBF protokol. Awal dalam upaya untuk otot pada NetWare tidak berhasil, tetapi ini berubah dengan masuknya perbaikan jaringan dukungan pada Windows untuk Workgroups, dan kemudian sangat sukses Windows NT dan Windows 95. NT, terutama yang mirip dengan layanan yang ditawarkan oleh NetWare, tetapi pada suatu sistem yang juga bisa digunakan pada desktop, dan lainnya yang terhubung langsung ke desktop Windows NBF adalah dimana sekarang hampir universal.



NetWare : Sistem Network Operating System (NOS) dan Protokol Suite
           Novell NetWare adalah sebuah Network Operating System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email transfer dan akses database. NetWare berjalan pada lima lapisan model referensi OSI, berjalan pada media protokol apapun mulai dari Layer 2. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis system komputer dari Computer ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.
Novell NetWare, diperkenalkan pada awal tahun 80an didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada Arsitektur Client - Server Client.
Novell NetWare mendukung permintaan layanan seperti akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server Client juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui prosedur remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika program Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server. Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan mengembalikan informasi yang diminta ke Client.

Efisiensi NetWare Core Protocol (NCP)
   Kebanyakan protokol jaringan yang digunakan pada saat NetWare dikembangkan tidak mempercayai jaringan untuk menyampaikan pesan. J khas membaca file klien akan bekerja seperti ini:
1. Membaca klien mengirimkan permintaan ke server
2. Server mengakui permintaan
3. Klien mengakui sambutan
4. Server akan mengirimkan data yang diminta ke klien
5. Klien mengakui data
6. Server mengakui penghargaan.

Sebaliknya, NCP didasarkan pada gagasan bahwa jaringan bekerja dengan sempurna sebagian besar waktu, sehingga jawaban untuk permintaan menjabat sebagai pengakuan. Berikut adalah contoh dari permintaan klien membaca menggunakan model ini:
1. Client mengirimkan permintaan ke server dibaca 
2. Server mengirimkan data yang diminta ke klien Semua permintaan berisi nomor urut, jadi jika klien tidak menerima tanggapan dalam jumlah yang tepat waktu yang akan mengirim ulang permintaan dengan nomor urut yang sama. Jika server sudah diproses permintaan itu akan mengirim ulang respon cache, jika belum punya waktu untuk memproses permintaan itu hanya akan mengirim data. Intinya ini adalah pengurangan 2/3 di lalu lintas jaringan dan latency yang terkait.

0 komentar

Posting Komentar