Saturday, July 29, 2017

Pengertian Bridge dan Fungsinya

Bridge
    Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.


    Bridge lebih sederhana dan lebih murah daripada router. Bridge membuat keputusanya ya atau tidak secara sederhana terhadap paket mana saja yang hendak dikirimin melintas dua segmen yang di hubungkan oleh bridge.


Secara garis besar, bridge memiliki fungsi selayaknya jembatan. Ia menghubungkan antara masing-masing jaringan dengan jaringan yang lain untuk bertukar paket data dan mengatur sirkulasi data tersebut. Selain fungsi tersebut, bridge memiliki fungsi lain yakni;

  1. Menghubungkan dua atau lebih LAN sehingga ia memiliki satu jaringan LAN luas dan lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa perlu menggunakan bridge.
  2. Selain menghubungkan tipe jaringan LAN yang sama dan membuat satu jaringan LAN yang lebih luas, bridge juga bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN yang memiliki tipe yang berbeda.
  3. Bridge juga mampu berfungsi ganda selain sebagai jembatan, ia juga bisa digunakan sebagai penghala atau router. Penggunaan bridge pada jaringan sebagai router ini hanya bisa digunakan pada jaringan yang luas. Hal semacam ini disebut dengan bridge-router.
  4. Bridge mampu mengkopi frame data dari satu jaringan dengan syarat jaringan itu masih terhubung dengan bridge dan jaringan yang lain.
  5. Bridge dapat memperkecil segmen jaringan yang luas menjadi lebih kecil dan mampu memonitor hal tersebut.
  6. Bridge mampu mengontrol broadcast jaringan yang melalui bridge.
  7. Bridge mampu memindahkan data melalui intermediate network dengan tipe protokol sama sekali berbeda.

0 comments

Post a Comment