Sabtu, 29 Juli 2017

Pengertian Router dan Fungsinya

Router
    Router merupakan perangkat keras yang lebih rumit dan lebih mahal daripada bridge. Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.


Router memakai informasi yang terdapat dalam setiap paket data untuk merutekannya dari satu LAN ke LAN lain, dan berkomunikasi satu sama lain dan berbagi informasi yang memungkinkan router-router tersebut memutuskan rute terbaik melalui jaringan yang ruwet yang terdiri atas sejumlah LAN.

Fungsi router. Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

0 komentar

Posting Komentar