Wednesday, August 2, 2017

Cara Install Linux Mint

1. Booting OS Linux via CD-ROM atau USB, Juga jangan lupa untuk mensetting boot pada bios menjadi cd atau usb Setelah itu pilih Start Linux Mint


2. Setelah masuk ke live installer Linux Mint klik Install Linux Mint , pilih bahasa yang diinginkan lalu pilih Continue. ( Cat : Untuk Sistem Operasi seperti linux menggunakan live installer saat instalasi OS , sehingga memungkinkan kita untuk mencoba, membuka aplikasi, meng-copy paste bahkan mengerjakan tugas di live installer linux. Ini berbeda dengan sistem operasi lain seperti Windows).


3. Disini kita bisa memilih untuk menginstal aplikasi pihak ketiga sekaligus saat instalasi, atau kita bisa skip dan menginstallnya setelah Linux Mint selesai di Install. Disini saya memilih menginstallnya setelah selesai menginstall Linux Mint.


4. Setelah klik continue seperti diatas, sekarang kita berada di Installation Type. Disini Kita pilih something else, guna memisahkan dan membuat partisi baru agar dapat melakukan dual booting tanpa menghapus Sistem Operasi yang lama.


5. Sekarang kita buat partisi root (Partisi ini berisi seluruh direktori lainnya).


6. Setelah itu buat partisi swap (Partisi swap ini merupakan ruang pada harddisk yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer membutuhkan memory lebih).


7. Setelah semua partisi sudah siap. Klik Install Now, maka akan ada kotak dialog tentang partisi yang akan diformat. Setelah yakin dengan partisi yang di format langsung saja klik Continue.


8. Sekarang pilih lokasi anda.


9. Pilih keyboard layout.


10. Sekarang buat Username dan Password untuk login ke Linux Mint, lalu klik continue.


11. Setelah semua langkah-langkahnya selesai tunggu hingga proses copy file selesai.


12. Setelah proses copy file selesai, maka akan ada kotak dialog Installation Complete dan pilih Restart Now.


13. Setelah komputer ter-restart maka jangan lupa untuk merubah settingan boot pada bios dan lepas cd atau usb installer.


Maka kita akan masuk ke grub Linux. Disini kita bisa memilih Sistem Operasi yang diinginkan. Contoh : pada baris terakhir grub saya terdapat OS Windows 7 saya. Lalu pilih Linux Mint pada bagian yang paling atas.
14. Dan Installasi pun selesai. Sekarang kita bisa menggunakan Linux Mint yang baru saja kita install, juga dengan OS lama kita.


0 comments

Post a Comment