Sunday, August 27, 2017

cara membuat jam digital menggunakan kontrol timer di visual basic 2010

Salah satu penggunaan dari kontrol Timer yang paling sering digunakan adalah untuk membuat jam digital. Pada contoh latihan ini, Anda akan membuat jam digital yang akan menampilkan jam, menit dan detik. Pada contoh ini Anda akan mengatur properti dari interval sebesar 1000 yang berarti timer akan mengupdate waktu setiap 1000 milidetik atau satu kali dalam setiap detik.
Langkah-langkah membuat program Jam Digital :
1. Pada menu File, kliklah New Project dan pada Windows Form Apllication buatlah project baru yang           dinamakan Aplikasi_Timer.
2. Ubahlah ukuran form menjadi bentuk persegi panjang kecil karena untuk membuat jam digital kita tidak         membutuhkan form berukuran besar.
3. Pilihlah komponen Timer yang terdapat pada Toolbox.
4. Tambahkan komponen Label pada Toolbox dan buatlah label berukuran besar di dalam form yang               nantinya akan digunakan untuk menampilkan jam digital.


5.  Bukalah Properti window, dan atur properties dari masing-masing obyek seperti pada tabel dibawah ini.


6. Double klik ikon timer yang terdapat pada lembar kerja maka akan muncul event prosedur timer pada           code editor kemudian ketiklah statement berikut ini
    Label1.Text = TimeString
    Potongan statement tersebut mempunyai arti yaitu setiap interval 1000 ms dari Timer1 (tiap 1 detik),             program akan mengupdate data perhitungan sistem waktu dari komputer dan mengirimkannya ke properti     Text pada obyek Label1.
7. Klik Save All Button pada toolbar untuk menyimpan file Anda
8. Klik Start Debuggingpada Toolbar untuk menjalankan program jam digital ini. Jam digital akan tampak         seperti pada gambar dibawah ini
 

Jika Anda ingin menambah tampilan tanggal, bulan dan tahun maka kode program TimeString dapat diganti System.DateTime.Now dan hasil tampilan aplikasi akan tampak seperti seperti gambar berikut :

 
Perhatikanlah jam digital tersebut, tampak program Visual Basic mengupdate waktu setiap detiknya. Berikut adalah kode program dari aplikasi program di atas


0 comments

Post a Comment