Kamis, 31 Agustus 2017

Fungsi Pin Konektor RS 232

      Konektor DB9 atau DB25 digunakan sebagai penghubung antar devais, RS232 dengan konektor DB9 dipakai untuk mouse, modem dan lain-lain. Sedang konektor DB25 dipakai untukjoystik game. Serial port RS232 dengan konektor DB9 memiliki 9 buah pin dan pada konektor DB25 memiliki pin 25 buah.


Sedangkan fungsi masing-masing pin pada konektor dapat dilihat pada tabel berikut:


Dengan memanfaatkan pin konektor RS-232 dapat digunakan untuk mengkoneksi secara data serial di antara komputer dan modem atau piranti lain, di industri koneksi ini digunakan untuk pengujian atau pengetesan. Sebagai contohterkoneksi dengan Digital Multimeter, Frequency Counter atau Oscilloscope,sehingga hasil dapat langsung dibaca oleh komputer atau utnuk mengendalikan peralatan tertentu sesuai dengan fungsi yang diharapkan. Terdapat banyak industri mengembangkan sistem yang berbeda, artinya sistem yang satu dengan sistem yang lain tidak memiliki pola pengembangan yang beda dan tidak saling tergantung. Akan tetapi dengan menambahkan port komunikasi standar RS-232 maka antar peralatan tersebut dapat saling dikoneksikan dalam rangka untuk mengkomunikasikan data.

Fungsi pin berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Signal Ground (SG)berfungsi untuk memberikan masa (ground) pada setiap sinyal secara bersama (common signal ground).
  • Transmit Data (TX)berfungsi sebagai saluran keluarnya data dari UART atau sebagai pengirim data ke devais secara serial.
  • Receive Data (RX)berfungsi sebagai saluran masuknya data ke UART atau sebagai penerima data dari devais secara serial.
  • Data Terminal Ready (DTR)berfungsi sebagai pemberi informasi status ke devais terkoneksi bahwaUART telah siap. Saat terkoneksi dan berkomunikasi dengan devais DTR perlu beri logika 1.
  • Data Set Ready (DSR)berfungsi untuk menerima informasi status devais bahwa devais siap utnuik diakses oleh komputer melalui UART.
  • Request to Send (RTS)berfungsi sebagai isyarat permintaan UART ke devais untukmemfasilitasi UART akan mengirimkan data ke devais.
  • Clear to Send (CTS) berfungsi sebagaipenerima jawaban atas pengiriman isyarat RTS bila modem/piranti telah menerima data.
  • Data Carrier Detect (DCD) berfungsisebagai penerima isyaratagar komputer bersedia menerima data pada pada waktu tertentu.
  • Ring Indicator (RI) berfungsi menerima isyarat dari modem bahwa ada devais (eksternal) yang membutuhkan koneksi dalam rangka pengiriman atau permintaan data.

0 komentar

Posting Komentar