Senin, 28 Agustus 2017

Pengertian sistem jaringan komputer dan keuntungan

SISTEM JARINGAN LOKAL
        Sistem jaringan lokal (Local Area Network) disebut dengan LAN merupakan sistem jaringan yang tidak bisa tidak harus dimiliki oleh setiap industri, dunia bisnis dan instansi pemerintah. Melalui sistem jaringan lokal inilah komunikasi data dala suatu organisasi dapat dilakukan, dan komunikasi data yang terjadi dalam suatu organisasi sering berlangsung dalam suatu bangunan atau kompleks bangunan. Pemakaian komputer berkembang dengan pesat karena keperluan pengolahan informasi serta kemudahan dalam pemakaian komputer. Komunikasi yang dahulu didominasi oleh percakapan telepon (komunikasi suara) sekarang berkembang juga menjadi komunikasi data;yaitu pertukaraninformasi antar komputer. Komputer harus dapat saling berhubungan dengan mudah serta aman paling sedikit antarkomputer yang terletak dalam satu bangunan atau satu kompleks dari suatu organisasi. Kecenderungan ke, arah otomatisasi kantor (office automation) dan distributed processing inilah yang menuntut adanya jaringan yang dirancang khusus untuk komunikasi cepat bagi organisasi tersebut. Jaringan semacam ini dikenal sebagai LAN(Local Area Network). LANmemudahkan penyaluran informasi dalam daerah geografi yang terbatas. LAN ini memberikan suatu cara bagi komputer untuk saling berkomunikasi. Berbeda dengan penggunaan jaringan komunikasi umum (public communication network), LAN memungkinkan adanya transmisi dengan kecepatan tinggi, karena kemudahan dalam pemilihan teknologi. Perkembangan teknologi yang pesat dapat menyebabkan ciri khusus LAN menjadi agak kabur karena jarak yang dapat didukungnya bertambah besar sehingga melampaui jarak yang umum dikenal sebagai batas lokal. Sifat LAN ditentukan oleh media transmisi, topologi dan protokol akses media. Media transmisi bersama dengan topologi menentukan kecepatan, efisiensi saluran, tipe data yang boleh disalurkan dan juga aplikasi yang dapat didukung oleh jaringan.


Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Penerepan sistem jaringan memiliki keuntungan dibanding komputer berdiri sendiri, yaitu meliputi:
a. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama. 
b. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to- date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
c. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
d. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan,
pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
e. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

0 komentar

Posting Komentar