Rabu, 30 Agustus 2017

Penyebab komputer hang dan cara mengatasinya

 Dengan mengetahui apa saja yang membuat komputer lemot dan sering hang, akan memudahkan Anda untuk melakukan troubleshooting.
Yang perlu kita lakukan adalah mendeteksi penyebab lemot itu sendiri, apakah berasal dari hardware atau software komputer.
Baik langsung saja, berikut kami rangkum beberapa penyebab kompuer lemot dan sering hang serta cara mengatasinya.

1. Komputer Low Spesifikation

Masalah pertama mengapa komputer lemot dan sering hang, disebabkan oleh kemampuan komputer yang minim atau low sfesifikation.
Misalnya saja sfek komputer anda hanya menggunakan processor dual core dan memori RAM  2GB, namun anda membuka berbagai aplikasi berat secara bersamaan seperti aplikasi photoshop, sambil membuka banyak tab di browser internet hingga bermain game saat bersamaan.
Kondisi multitasking seperti disebutkan diatas akan memberatkan kinerja memori RAM yang hanya berukuran kecil serta processor yang akan kewalahan untuk mengekseskusi setiap perintah.

Akibatnya RAM akan terpakai pada batas maksimal dan processor akan bekerja hampir mencapai batas kemampuannya, sehingga akan menyebabkan komputer lemot atau bahkan hang sama sekali.
Solusi dari masalah komputer lemot dan sering hang pada kompi low sfesifikation adalah melakukan upgrade RAM. Misalnya dari kaspasitas RAM 2GB menjadi RAM 4GB atau 8GB sekaligus.
Dengan dilakukannya upgrade RAM, bisa dipastikan komputer anda akan bekerja jauh lebih cepat tanpa lemot, sepanjang Anda masih menjalankan aplikasi yang sewajarnya.

2. Komputer Terinfeksi Virus Atau Adware
Berikutnya penyebab mengapa komputer begitu lemot dan sering hang tentu saja dapat disebabkan oleh virus. Seperti kita ketahui virus merupakan sekumpulan program jahat yang dapat menginfeksi seluruh data dan bahkan merusak sistim operasi komputer.
Virus juga mampu menggandakan diri, sehingga akan membuat memori RAM serta processor bekerja ekstra setiap saat. Dengan demikian komputer akan berjalan lambat atau sering hang.

Tidak hanya virus, varian adware sekarang ini sangat marak menyerang software komputer khususnya browser seperti Mozilla atau Google Chrome.
Untuk mengatasinya, gunakanlah antivirus dan antiadware terbaik serta terupdate. Lakukan scanning untuk membersihkan virus komputer.

3. Membuka Aplikasi Terlalu Banyak
 Seperti telah disebutkan pada point pertama, membuka aplikasi terlalu banyak dan memberatkan kinerja RAM dan processor akan membuat kompuer lemot dan sering hang. Sebab itu bukalah aplikasi hanya yang dibutuhkan saja.
Dengan demikian kinerja memori dan processor akan tetap dalam performa cepat tanpa lemot atau hang.

4. Bersihkan Cache Dan Temporary File

 
Cache dan temporary merupakan file yang disimpan bersifat sementara. Jika dalam waktu lama file ini tidak dibersihkan, akan memakan ruang memori lebih banyak.
Dan pada browser seperti Mozilla dan Chrome silahkan bersihkan semua cache atau histori, agar performa komputer saat membuka halaman internet bisa berjalan dengan super cepat.

5. Hardisk Bad Sector
Hardisk yang menglami bad sector dipastikan akan membuat komputer anda lemot atau bahkan hang tidak bisa digunakan. Bad sector sendiri terjadi karena adanya data corrupt ata kerusakan file sistim pada hardisik.


Bad sector dalam tahap ringan mungkin bisa anda perbaiki dengan melakukan chkdsk melalui perintah cmd. Namun dalam bad sector tahap parah, biasanya akan sulit diperbaiki.
Solusi terbaik jika sudah mengalami bad sector parah adalah mengganti dengan hardisk baru.

0 komentar

Posting Komentar