Selasa, 12 September 2017

Pengertian Topologi Logik dan ciri - cirinya

Topologi Logik berasal dari kata “Logik “ yang berarti adalah suatu gambaran bagaimana hubungan yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita
mengalaminya ( merasakan ). Pengertian secara umum, topologi logik merupakan topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masing- masing komputer dalam jaringan.

A. Ethenet
Ethernet sekarang ini paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection ). Sistem ini dapat memperhatikan setiap komputer kedalam kabel dari jaringan sebelum mengirimkan data ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi ketika jaringan telah kosong. Jika ada dua buah komputer melakukan transmisi pada saat bersamaan, maka komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. Metode ini disebut dengan koalisi, yang tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari jaringan. Ethernet dapat digunakan pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon. Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps - 100Mbps dan terus berkembang sampai 1Gbps.

Keuntungan dari Ethernet adalah :
1. Kecepatan mengirim data mecapai 100Mbps-1Gbps
2. Cukup sederhana
3. Mudah dalam menggunakannya

Kerugian dari Ethernet adalah :
1. Sering terjadi tabrakan data pada saat menggunakannya
2. Jika pemakainya ramai, maka kecepatanya pun melambat



B. Token Ring
Token Ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Hubungan komputer pada token berbentuk seperti cincin. Sebuah sinyal token bergerak berputar seperti lingkaran pada sebuah jaringan dari satu komputer menuju ke komputer yang lain. Jika pada persinggahan disalah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ketempat dimana data itu ingin ditujukan, dan
token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer. Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optik yang dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

Keuntungan dari Token Ring adalah :
1. Menggunakan Token Passing untuk menghindari tabrakan data
2. Kecepatannya mencapai 16 Mbps
3. Menggunkan kabel fiber optik

Kerugian dari Token Ring adalah :
1. Jika terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu
2. Biaya mahal


C. Local Talk
Local talk merupakan jaringan yang dikembangkan pertama kali oleh Apple Computer Inc untuk komputer macintos. Metode yang digunakan oleh jaringan Local Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Lokal talk menggunakan kabel TP khusus yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui port serial dengan kecepatan yang bisa didapat hanya 230 Kbps.

Keuntungan dari Local Talk adalah :
1. Kecepatan hanya 230 Kbps
2. Menggunakan kabel TP khusus

Kerugian dari Local Talk adalah :
1. Lambat dalam mengakses
2. Sering terjadi tabrakan data


D. FDDI ( Fiber Distributed Data Interface )
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih
jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode yang digunakan oleh FDDI adalah model token ring. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua. Kecepatan FDDI dengan menggunakan fiber optik kabel mencapai 100 Mbps. FDDI dapat menghubungkan sampai 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km.

Keuntungan dari FDDI adalah :
1. Menggunakan dua buah topologi ring dalam proses transmisi
2. Menggunakan kabel fiber optik
3. Memilki kecepatan 100 Mbps
4. Dapat menghubungkan 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km

Kerugian dari FDDI adalah :
1. Biaya cukup mahal
2. Boros dalam menggunakan kabel


E. ATM (Asynchronous Transfer Mode )
ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) yaitu sebuah jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mentransmisikan data kedalam satu paket, sedangkan yang lain mentransfer pada
besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang dengan menggunakan kabel fiber optik ataupun kabel twisted pair . ATM pada
umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN. ATM juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.

Keuntungan dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) adalah :
1. Kecepatannya sampai 155Mbps atau lebih
2. Dapat didukung variasi media
3. Menggunakan kabel fiber optik
4. Dapat dipakai oleh Internet Service Providers (ISP)

Kerugian dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) adalah :
1. Boros dalam menggunakan kabel
2. Mahal


0 komentar

Posting Komentar