Wednesday, October 18, 2017

Komponen Kabel Fiber Optic

Akan saya bahas mengenai komponen-komponen utama fiber optik. Menurut saya anda harus mengerti apa saja komponennya sebelum saya mulai membahas cara kerjanya. Yuk kita mulai dengan komponen yang pertama.
1. Core / Inti : adalah bagian paling dalam dan inti dari kabel fiber optik yang terbuat dari silikon. Komponen ini adalah komponen yang berguna untuk mentransmisikan gelombang cahaya pada serat kaca.

2. Cladding : adalah lapisan pertama yang berada diluar core. Cladding juga terbuat dari silikon, namun dengan komposisi bahan yang berbeda dengan core. Komponen ini berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang merefleksikan cahaya – cahaya tembus kembali kepada core. Fenomena ini disebut sebagai pemantulan internal total (total internal reflection).

3. Coating / Buffer : Nah coating ini adalah lapisan non-optik yang pertama, letaknya diluar cladding. Coating ini biasanya terdiri dari beberapa lapis polimer (biasanya plastik). Gunanya adalah melindungi lapisan cladding dan core yang terbuat dari serat kaca.
Coating akan menyerap goncangan dan getaran keras yang dapat merusak lapisan fiber di dalamnya. Sekaligus memberikan fleksibilitas pada kabel.

4. Jacket : Bahasa Indonesianya “jaket”, tapi maksud sebenarnya adalah pelindung terluar. Ini adalah bagian terluar dari kabel fiber optik, yang berfungsi sebagai pelindung utama untuk kabel fiber secara keseluruhan.

Selanjutnya : Jenis - Jenis Fiber Optic

0 comments

Post a Comment