Minggu, 08 Oktober 2017

Soal dan Jawaban Sistem Operasi Jaringan Test Formatif Bab XIII

  1. Jelaskan Pengertian dari layanan ?
  2. Mengapa ada aplikasi berjenis layanan pada sistem operasi ?
  3. Jelaskan operasi apa saja yang dapat di lakukan terhadap suatu layanan ?
  4. Jelaskan kaitan antara fitur plug-n-play pada sistem operasi dengan layanan ?
  5. Coba jelaskan apakah jenis aplikasi browser, seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome, termasuk aplikasi layanan, user, keduanya, atau lainya ?
Jawab !
  1. Secara umum pengertian layanan adalah proses pemenuhan kebutuhan kepada seseorang, kelompok maupun organisasi
  2. karena di kembangkanya layanan untuk memnungkinkan sebuah proses berjalan pada latar tanpa perlu interaksi secara langsung dengan user dan dengan adanya aplikasi layanan bisa membantu user dalam mengerjakan sesuatu yang di butuhkan
  3. Operasi yang dapat di lakukan terhadap suatu layanan yaitu :
A. Program Development
Sistem operasi harus mampu menyediakan layanan kepada user untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah program. Contohnya adalah sistem operasi minimal harus memiliki text editor dan debugging tools.

B. Program Execution

Sistem operasi (OS) harus dapat menghandel beberapa task yang membutuhkan eksekusi sebuah program. Tugas OS tentunya adalah mengatur jalannya task - task tersebut.

C. Access I/O Devices
  
Sebuah OS harus dapat mengontrol akses user ke perangkat I/O  dengan menampilkan interface yang sama walaupun user mengakses media yang berbeda.

D. Controlling System and File Access
Sebuah OS juga harus dapat mengontrol hak akses user dalam mengakses file serta system dari komputer tersebut.

F. Error Detection and Response
Sebuah OS harus memiliki fasilitas mendeteksi error dan menginformasikannya kepada user dengan cara yang mudah dimengerti oleh user. OS juga harus memiliki respon yg tepat dan cepat terhadap setiap error yang terjadi untuk mempermudah user dalam penggunaan OS. Walaupun ada beberapa error yang tidak dapat diatasi oleh OS, seperti masalah pada hardware, dan lainnya.

G. Accounting
Sebuah OS juga harus mampu menghitung serta menginformasikan proses-proses yang dirasa penting untuk diketahui oleh user. Seperti monitor performance, dll.

4. adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada fitur di komputer yang memperbolehkan suatu perangkat ditambahkan ke sistem komputer tanpa perlu untuk melakukan konfigurasi ulang atau instalasi device driver secara manual. kaitan dengan layanan yaitu bisa membantu pengguna perangkat tambahan tanpa mengkonfigurasi ulang perangkat tambahan tersebut.

5. Termasuk aplikasi untuk keduanya yaitu aplikasi user dan layanan, browser seperti mozilla firefox dan google chrome user bisa mengisikan data pada laman web tersebut dan juga bisa dijadikan layanan untuk seorang yang membutuhkan layanan. Contohnya : orang yang membutuhkan informasi terntang yang dibutuhkan bisa mencarinya di google chrome.

Lihat Juga Soal Selanjutnya :

Soal Sistem Operasi Jaringan Tes Formatif Part XIV 

Apabila ada Kesalahan Silahkan Comment di Bawah :)

0 komentar

Posting Komentar