Wednesday, February 21, 2018

Pengertian Core dan Thread Pada Processor


Core adalah INTI. Sebuah prosesor dijaman sekarang sudah mendukung istilah Multicore yang berarti terdapat beberapa Inti yang bekerja bersamaan dalam sebuah prosesor. Bisa dikatakan jika agan memiliki prosesor Intel Atom Dual Core, itu sama juga agan memiliki dua prosesor secara physic yang mendukung kinerja komputer. Banyak program dan aplikasi yang berjalan menggunakan dua inti sekaligus. Dukungan multicore dalam prosesor bekerja sekaligus untuk beberapa process, service dan aplikasi yang terus berjalan pada background task dan bisa dibilang demi kelancaran process multitasking pada operating system dan aplikasi sekaligus... 


Thread adalah benang. Thread berfungsi sebagai jembatan atau bridge diantara beberapa inti. Dengan kata lain Threading adalah cara sebuah inti (core) berkomunikasi dengan inti lainnya. Untuk prosesor agan yang memiliki 2 Inti dan 4 benang, berarti ada dua jalur komunikasi dari inti 1 ke inti 2, dan dua jalur komunikasi dari inti 2 ke inti 1. Inilah yang kemudian disebut Intel Hyperthreading

Hyper Threading Technology (HT Technology) adalah teknologi yang bertujuan agar processor dapat bekerja lebih efesien, dengan teknologi ini memungkinkan processor untuk dapat mengeksekusi beberap thread atau instruksi pada saat bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja dan respon sistem.

Atau pengertian lain dari Thread/Utas Komputer singkatan dari "Thread of Execution" diartikan sebagai sekumpulan perintah (intruksi) yang dapat dilaksanakan secara sejajar dengan ulir lainya dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainya) atau Multiprocessor (Ketika ulir - ulir tersebut dilaksanakan leh cpu yang berbeda dalam satu sistem)

Jadi kesimpulannya, prosesor hyperthreading dapat meningkatkan kinerja program dan aplikasi lebih dari 20% (kira-kira) dan ini hanya untuk program dan aplikasi yang telah memanfaatkan fungsi hyperthreading dalam prosesor. 

0 comments

Post a Comment