Friday, March 30, 2018

Cara Menginstal Proxy Server dan Konfigurasinya di Debian

1.    Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menginstall squid, Untuk menginstall squid ketik perintah apt-get install squid [enter] di debian.


2.    Selanjutnya konfigurasi squid dengan mengetikan perintah nano /etc/squid/squid.conf [enter]


3.    Setelah itu, cari dan edit bagian-bagian seperti gambar  berikut, dan hilangkan tanda pagar “#” agar menjadi Enabled. Bagian pertama cari script http_port 3128 tambahkan “transparent” dan hapus tanda “#” Cara mencarinya menggunakan fasilitas search pada nano, tekan CTRL + W --> ketik http_port 3128 --> enter. Lakukan cara ini untuk mencari script yang lainnya.



Akan muncul seperti tampilan gambar di bawah ini.
 
4.    cari script cache_mem 8 mb hilangkan tanda “#” dan beri ¼ dari ukuran memori.


5.    cari script cache_mgr hilangkan tanda “#” dan rubah atau tambahkan identitas/email.


6.    cari script acl CONNECT dan tambahkan script berikut tepat di bawahnya. Lihat scriptnya seperti gambar di bawah.


7.    Cari tulisan http_access deny all ada dua script pada file squid.conf  dan tambahkan tanda ”#” pada kedua baris tersebut. Script yang ke 1

Script yang ke 2
Terakhir simpan dengan menekan CTRL + X lalu tekan Y dan ENTER untuk menyimpan semua hasil konfigurasi.

8.    Dalam pemblokiran situs langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuat file untuk daftar situs-situs dan kata-kata yang akan diblokir. Caranya masuk ke direktori squid dengan perintah cd /etc/squid [enter] dan ketik nano url [enter] ini untuk membuat file blokir situs berdasakan url.

9.    gambar di bawah berada pada file url setelah mengetikan perintah nano url [enter] di sini saya coba memasukan url ganool.fr dan lazada.co.id yang akan di blokir. CTRL + X lalu Y untuk menyimpan konfigurasi.


10.    Masih di direktori squid, selanjutnya kita akan memblokir situs berdasarkan kata kunci ketik perintah nano key [enter]


11.    gambar di bawah berada pada file key setelah mengetikan perintah nano key di sini saya coba memasukan key bom dan porn yang akan di blokir. CTRL + X lalu Y untuk menyimpan konfigurasi.


12.    Cek apakah konfigurasi sudah benar atau masih ada yang salah, dan juga untuk membuat swap. Ketik perintah squid –z jika tampilannya seperti gambar di bawah maka berhasil.


13.    Sedikit konfigurasi pada iptables, untuk redirect port 80 (HTTP) ke port 3128 (PROXY). Ketik perintah nano /etc/rc.local [enter] kemudian ketik :
iptables –t nat –A PREROUTING –s 192.168.10.0/24 –p tcp --dport 80 –j REDIRECT --to-port 3128 kemudian CTRL + X lalu Y untuk menyimpan konfigurasi.


14.    Konfigurasi Manual Proxy
Berikut cara mengkonfigurasi Manual Proxy di Web Browser Mozilla.
a.      Tool --> Options --> Advanced --> Network --> Settings
b.      Dan konfigurasi seperti gambar berikut :


15.    Pengujian Filtering
Kemudian coba arahkan web browser ke alamat domain yang telah kita blokir, misalnya saja ganool.fr berikut. Kamu juga bisa menambahkan lagi, domain-domain yang mencurigakan pada file /var/url.


Download Dalam Bentuk MS.Word Klik Disini

0 comments

Post a Comment