Sunday, April 23, 2017

Rangkaian RAM – EPROM

A. RAM ( Random Access Memory )

      RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data rersebut dalam memori. ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, dimana gerakan mekanikal dan media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
       Pertama kali dikenalkan pada tahun 60-an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetik. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM digunakan sebagai penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang.Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga random access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu heberapa bagian dan spaceaddres RAM (memori utama) dan sebuah sistem yang dipetakan ke dalam satu atau dua cip ROM.
1) Struktur RAM (Random Acces Memory)
Struktur RAM dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
a) Input area, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.
b) Program area, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.
c) Working area, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan basil dan pengolahan
d) Output area, digunakan unwk menampuñg hisil akhir dan pengolahan data yang akan ditampilkan ke aLu output.
2) Dasar Pembuatan RAM
Berdasarkan bahan dasar pembuatan, RAM dikelompokkan menjadi dua, yaitu Dynamic RAM(DRAM), dan Static RAM (SRAM).

a. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
   DRAM adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus diperbarui secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. 1-Ial ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori Iainnya.Dalam struktumya, DRAMhanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per hit, sehinggamemiliki kepadatan sangat tinggi.

b. SRAM (Static Random Access Memory)
   SRAM adalah jenis RAM yang tidak menggunakan kapasitor. Hal inimengakibatkan SRAM tidak perlu lagi diperbarui secara berkala seperti halnyadengan DRAM. Hal ni juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM.


c. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory)
   FPM DRAM adalah RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin motherboard komputer. RAM ini dapat kita temui pada komputer tipe 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
d. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)
  EDORAM adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat EDORAM umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti FPM RAM
e. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
    SDRAM adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dan 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh jam sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
f. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
   PCMCIA adalah salah satu kartu memori pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya, kini dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada notebook, misalnya sebagai modem untuk melakukan koneksi intemet melalui frekuensi GSM atau CDMA, dan wireless card.
B. Rangkaian EPROM ( Erasable Programmable Read-Only Memory)
     EPROM adalah sebuah cip yang bisa diprogram dan mampu menyimpan data. Cip tersebut besi data (program-program) yang diiskian oleh pengguna ke EPROM tersebut. satu-satunya cara untuk menghapus data pada EPROM adalah dengan menggunakan sinar ultraviolet. EPROM merupakan jembatan/penengah antara hardware dan software, sebagai contoh EPROM salah satu cip BIOS (Basic Input Output System) pada motherboard komputer.

0 comments

Post a Comment