Tuesday, September 12, 2017

Melakukan Penyambungan Internet Melalui ISP

Dari banyaknya cara untuk melakukan penyambungan internet melalui ISP, salah satu cara termudah adalah dengan dial-up. Windows Seven mempunyai tampilan yang berbeda pada control panel, salah satunya
adalah pada setting internet. Bagi yang suka akan tantangan untuk mencoba menu menu baru pada Windows Seven mungkin akan lebih menarik jika mencobanya sendiri tanpa panduan.

1. Untuk mempermudah dalam menyeting koneksi internet dial up pada Windows Seven tidak harus melalui Control panel, tapi langsung melalui Icon Jaringan yang berada pada panel bar atau task bar sebelah kanan. Perhatikan task bar bagian kanan, di situ terdapat icon Jaringan, klik pada icon tersebut, kemudian klik pada menu “Open Jaringan and Sharing Center”


2. Sesaat kemudian jendela ” Jaringan and sharing center ” akan tampil seperti gambar di bawah ini, lanjutkan dengan klik pada menu ” Set up a new connection or jaringan ”


3. Jendela Set up a Connection or jaringan akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, sekarang pilih pada menu “Set up a dial up connection” , lalu tekan tombol next.

 4. Kemudian pilih salah satu modem yang sedang aktif, pada contoh panduan ini modem yang digunakan adalah Modem Sony Ericcson.


5. Jika sudah memilih salah satu modem, akan tampil jendela pengisian informasi setting untuk dial-up kepada penyedia layanan internet yang digunakan untuk sambungan internet. Pada contoh ini digunakan modem GSM dari Indosat maka dial up phone number yang dimasukkan adalah= *99#, Penggunaname = indosatgprs, password = indosatgprs, dan untuk Connection name nya tidak diganti tapi jika ingin mengganti juga tidak masalah. (perlu diingat untuk dial number operator GSM di Indonesia semuanya sama, yaitu
*99#, dan jika nanti dial numbernya gagal bisa diganti dengan angka *99***2#, atau *99***2#, dan seterusnya sampai dengan 9). Jika semua kolom sudah diisi semua, sekarang klik pada tombol Connect.


6. Setelah tombol Connect diklik akan berlangsung proses penyambungan koneksi internet seperti gambar di bawah ini.


7. Jika komputer berhasil terhubung ke internet, akan ditandai seperti jendela di bawah ini dan bertuliskan “you are connected to the internet”, kemudian klik tombol Close, dan sekarang bisa dicoba untuk mengakses internet dengan browser, misalnya seperti Firefox ataupun Internet Explorer.


8. Perlu diketahui juga bahwa penanda aktifitas koneksi internet pada Windows Seven berbeda dengan Windows XP ataupun versi lama yang lain. Jika pada Windows XP dan yang sebelumnya terdapat icon koneksi internet pada task bar berbentuk gambar dua komputer kecil yang keduanya akan berkedip-kedip jika sedang terjadi proses mengirim dan
    menerima data, namun pada Windows Seven icon koneksi tidak akan berkedip. Jadi jika ingin melihat aktifitas koneksi internet, harus membuka jendela Connection Status, melalui jendela Jaringan and Sharing Center, kemudian klik pada nama koneksi internet yang tadi dibuat. Perhatikan gambar di bawah ini.


Sedangkan jendela Connection Status akan tampil seperti gambar di bawah ini.


9. Kemudian jika ingin memutuskan sambungan koneksi internet, bisa menekan tombol Disconnect seperti pada gambar di atas, atau melalui klik Icon koneksi internet pada taskbar sebelah kanan, kemudian klik pada nama koneksi, kemudian klik pada tombol Disconnect. Sesaat kemudian koneksi internet akan
terputus.


sekian dari saya tentang penyambungan internet melalui ISP, sekian dan terima kasih

0 comments

Post a Comment