Rabu, 18 Oktober 2017

Pengertian Fiber Optic Beserta Penjelasannya

Fiber optik adalah sebuah saluran transmisi data, yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. Serat kaca ini sangat tipis dan halus menyerupai rambut manusia.


Transmisi data dapat terjadi karena fiber optik dapat mentramisikan gelombang cahaya, dan data-data yang akan ditransmisikan dititipkan pada gelombang cahaya tersebut. Cahaya ini tidak keluar dari serat kaca karena index bias kaca lebih besar dari index bias udara, juga mekanisme fiber optik itu sendiri yang tidak membiarkan cahaya keluar. Tentunya akan saya jelaskan lebih dalam nanti, agar pengertian anda tentang fiber optik lebih baik.

Kabel fiber optik terdiri dari kumpulan banyak serat-serat kaca yang digabung dalam satu kabel. Setiap serat kaca memiliki diameter sebesar 9 sampai 100 mikrometer, atau kurang dari sepersepuluh diameter rambut manusia.


Kabel ini dapat membawa data hanya dengan menggunakan teknologi optik, yang berarti sepenuhnya menggunakan cahaya untuk mengirim dan menerima data. Sekarang anda sudah mengerti apa itu fiber optik secara general. Lanjut.

Sedikit Fakta Tentang Fiber Optik

Fiber Optik sepertinya bukan lagi hal yang jarang kita dengar dan temui, terutama saat sekarang dimana kebutuhan akan komunikasi dan teknologi yang semakin membeludak. Semua orang maunya pakai fiber optik kalo internetan dirumah, atau dikantor.

Anda pasti butuh internet yang kenceng! Tapi, apa anda tau internet anda dirumah menggunakan saluran apa? Kemungkinan besar anda sudah menggunakan fiber optik, karena itu setidaknya anda paham pengertian fiber optik. Mungkin menurut anda pengertian fiber optik itu ngga terlalu penting, tapi sebenarnya fiber optik merupakan inovasi yang sangat besar pada dunia telekomunikasi.

Sebagai contoh, dulu pengiriman data yang tercepat adalah memanfaatkan sinyal listrik dengan kabel tembaga, lelet. Lalu sinyal GSM juga sudah bisa internetan, sekarang sudah 4G.

Nah, sekarang ada fiber optik, teknologi dengan spesifikasi tinggi. Dengan menggunakan sinyal cahaya untuk dikirimkan melalui serat optik. Tapi kenapa fiber optik sangat diminati? Tentunya teknologi fiber optik ini akan lebih diminati karena kecepatan fiber optik jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan listrik ataupun suara. Lebih cepat dari suara lho!

Ini karena fiber optik menggunakan cahaya. Kecepatan suara itu adalah 343 meter per detik, sedangkan kecepatan cahaya itu kira-kira 300.000.000 meter per detik. Gila kan?


Pada aplikasinya, kecepatan cahaya yang melalui fiber optik ini menurun sampai 2/3 kali kecepatan cahaya. Tetap saja masih wow, sekitar 200.000.000 meter per detik.

Jadi kebutuhan untuk pengiriman data dalam bentuk file, suara, teks ataupun video akan jauh lebih mudah dan cepat. Hal inilah yang menjadi kebutuhan penting dalam suatu teknologi telekomunikasi.

Semua pengguna internet maunya internetnya ngebut. Gak heran kalau perusahaan-perusahaan telekomunikasi besar saat ini memanfaatkan teknologi ini untuk bisnisnya.

Nah, agar anda paham mengenai pengertian fiber optik secara keseluruhan dan seluk beluknya, mulai dari penggunaannnya, cara kerjanya, kelebihan & kekurangannya… Yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Selanjutnya : Komponen Kabel Fiber Optic

0 komentar

Posting Komentar